Tujuan
|
|
Akuntansi
Pemerintahan
·
Tidak ada perhitungan laba rugi,
yang ada hanya surplus atau defisit
·
Tidak ada revaluasi asset
·
Ada
penyusutan AT tetapi kaitannya dengan masa kemanfaatan untuk publik (bukan
untuk dijual)
·
Perbandingan anggaran terhadap
realisasi, dari pendapatan dan belanja
|
Akuntansi
Komersial
·
Terdapat perhitungan laba rugi
·
Dimungkinkan adanya revaluasi aset
·
Adanya penyusutan aset tetap,
hubungannya dengan nilai akhir, untuk dijual
·
Perbandingan antara pendapatan dan
beban
|
Masalah Pendapatan
|
|
Akuntansi
Pemerintahan
·
Pendapatan tidak dapat diputar
lagi untuk belanja thn yad
·
Sebagian pendapatan diperoleh bisa
dari pemaksaan/icompulsory (contoh
pajak)
·
Penerimaan pinjaman dijadikan
pendapatan
|
Akuntansi
Komersial
·
Pendapatan tahun berjalan dpt
disimpan untuk digunakan pada thn yad
·
Pendapatan diperoleh dari pihak lain
yg sukarela membeli brg/jasa
·
Penerimaan pinjaman dijadikan
kewajiban
|
Masalah Beban
|
|
Akuntansi
Pemerintahan
Menggunakan
istilah expenditure (belanja),
dimana didalamnya termasuk :
Expense (beban/biaya)
Pembayaran angsuran
Pelunasan utang
Pembelian aset tetap
|
Akuntansi
Komersial
Menggunakan
istilah expense (beban/biaya)
dimana cakupannya lebih sempit daripada expenditure
|
Masalah
Penganggaran
|
|
Akuntansi
Pemerintahan
·
Terdapat akuntansi anggaran (budgetary accounting)
·
Terdapat rekening-rekening
anggaran
·
Perbandingan antara anggaran dan
realisasinya dilakukan secara intrakomptable
(dalam pembukuan)
|
Akuntansi
Komersial
·
Tidak terdapat akuntansi anggaran
(budgetary accounting)
·
Tidak Terdapat rekening- rekening
anggaran
·
Perbandingan antara anggaran dan
realisasinya dilakukan secara ekstrakomptable
(diluar pembukuan)
|
Masalah Kepemilikan
|
|
Akuntansi
Pemerintahan
Tidak
terdapat tanda kepemilikan,
yang
bertindak sebagai pemegang kebijakan adalah rakyat selaku pemegang kedaulatan
tertinggi
|
Akuntansi
Komersial
Terdapat
tanda kepemilikan, yang diwujudkan dalam modal saham, pemegang saham
mayoritas dapat bertindak selaku pemegang kebijakan perusahaan
|
Masalah Basis Akuntansi
|
|
Akuntansi
Pemerintahan
Basis
kas untuk laporan pelaksanaan anggaran (budgetary
report) yakni LRA dan LPSAL dan basis akrual untuk pengakuan pengakuan
pendapatan dan beban, aset, kewajiban
dan ekuitas
|
Akuntansi
Komersial
Basis
akrual baik untuk pengakuan pendapatan, beban, aset, kewajiban dan ekuitas
(modal)
|
Masalah Sistem Entry yang
Digunakan
|
|
Akuntansi
Pemerintahan
· Paralel antara single
entry dan double entry
· single
entry untuk pencatatan pembukuan pada
bendahara
· double
entry untuk pencatatan dengan
komputerisasi pada Sistem Akuntansi Pemerintahan
|
Akuntansi
Komersial
Double entry
|
Jumat, 23 Desember 2016
PERBEDAAN AKUNTANSI PEMERINTAHAN DAN AKUNTANSI KOMERSIAL
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar